Selesai Sekolah Magister

Halo, alhamdulillah sampai juga pada waktu istrahat kerja yang ibuk tidak ngerjain kerjaan, aka nulis blog. Ibuk mau sharing perjalanan semester 3 dan final project dan selesai dengan penutup di sidang final defese di 24 Februari 2023. 

wispril 23, wisuda april 2023

Semester 3, ibuk full kuliah luring alias offline. Tiap weekend ibuk harus ke bandung untuk kuliah, berangkat di jumat dan balik di minggu. Biasanya berangkat pesawat jam 9an dan balik pesawat jam 7an dari jakarta. Setiap weekdaysnya ibuk booking tiket dan hotel, bikin tugas dan persiapan jika nanti ada quiz atau ujian. Di semester 3, ibuk ambil konsentrasi finance and risk management. Mata kuliah pilihan analisa pasar modal, analisa proyek dan satu lagi methodologi penelitian pada bisnis. Ya begitulah, ibuk sering beberapa kali tertinggal, karena ada minggu yang tidak bisa datang ke Bandung, kaya ada acara kantor, acara keluarga or adek/ sayyid ada yang sakit. Yang pelajarannya nyambung dari minggu sebelumnya. Ya ibuk jadinya ekstra pada tugas berikutnya. Sebelum berencana ke Bandung,udah wanti- wanti dengan agenda Bg feb, agenda Oma n Opa. Oya, awal semester di mulai dengan nanny yang minta berhenti, karena ada lowongan kerja di tempat lain. Tapi aku yakin setiap ada kesulitan ada kemudahan. Kondisi menjadi tidak terkontrol saat oma sakit dan semua memang tidak baik- baik saja. untuk kantor ya, alhamdulillah di desember, januari februari ada akreditasi juga, iya memang semua seperti tidak mendukung untuk bisa selesai tepat waktu.  Ibuk juga konsulkan untuk progres final project ke doksen pembimbing, beliau memang sangat membantu dan fast response. Ada yang beberapa hari untuk mandi pun gq sempat, karena baru beres unpdate final project di subuh dan tidur bentar dan langsung kantor. Di kantor ya gitu juga lembur sampai malam, beresin dokumen yang diperlukan terkait dengan elemen yang ibuk dibrikan tanggung jawab. Yang ibu fikirkan saat memburukan tugas tersebut on schedule adalah semakin mundur semakin lama adek dan sayyid di weekend yang tidak dengan ibunya. Semakin lama ibuknya stres karna pasti nanti marah- marah dan yang jadi korban ya mereka berdua. Ya alhamdulillah akreditasi selesai dan final project submit utk siap ke pengujian (oral defense). seingatku hari itu hari jumat, yang mana teman- teman kantor ada perayaan karena selesai akreditasi dan aku putuskan gq ikut karena harus beresin syarat untuk daftar sidang. Selesai sebelum magrib, ibuk udh di rumah. Baru ibuk bisa nangis sejadi jadinya untuk lepasin semua perasaan yang bergejolak.

Selesai dan ibuk bisa dengan perasaan lega dan mempersiapkan materi untuk sidang (PPT) dan menyiapkan diri untuk berangkat lagi ke bandung. Jumat minggu setelahnya ada email dari SBM dan nama penguji. Yap ibuk mulai gentar lagi, memngingat pengujiku akan detail dan ibuk perbaiki lagi bahan presentasi menjadi lebih detail. Alhasil jam 9 hari yang sama, ibuk baru selesaikan PPT dan jam 10.30 sidang dimulai. ketemu orang tua dari mahasiswa yang sidang di ruang sebelah, beliau beri semangat juga, huhu alhamdulillah indah banget hari itu. Opa n oma juga udah di kasih tau kalau kuliah udah selesai dan oma baru sadar kalo itu artinya ibuk enggak bolak balik bandung lagi. hehe, ini kayaknya  ceritanya penting gq penting tapi ya tetap update blog. wkwkw


Komentar